Logo Kamis, 26 November 2020
images

Elisabet Kurniawati Tjianti, Pengurus Nasdem Jawa Barat

BANDUNG, MAJALAHREFORMASI.com
Saya selalu antusias saat di tanya tentang Sumpah Pemuda. Saya membayangkan 28 Oktober 1928, zaman yang sangat berbeda dengan keadaan saat ini, sangat jauh dari kemudahan dalam Komunikasi, transportasi, perekonomian dll. Bahkan saat itu Indonesia masih dalam Jajahan Belanda.

Tapi satu hal yang sangat menarik Pemuda Indonesia bisa bersatu, bertekad membuat Sumpah Pemuda sebagai satu Kesadaran dari mereka saat itu bahwa mereka adalah Indonesia .

Dan Sumpah Pemuda inilah awal mulanya bagaimana Pemuda saat itu mempersatukan perbedaan sehingga menjadi satu yaitu Indonesia. Sampai terbentuklah cita-cita untuk Merdeka.

Saya membayangkan bagaimana semangat membakar dalam diri tiap Pemuda saat itu sehingga membentuk satu keberanian dan tekad walaupun taruhan-nya saat itu adalah melawan penjajah Indonesia.

Dan, saya yakin saat itu Pemuda bisa melakukan itu karena memilki satu mimpi yang besar untuk Tanah Tumpah darah mereka yaitu Indonesia.

Melihat dari sejarah Indonesia memiliki pemuda dan pemudi yang luar biasa dan sanggup mengubah Sejarah. Pemuda dan Pemudi Indonesia saat ini juga memiliki satu sifat yang sama karena mereka adalah Penerus generasi sebelumnya.

Karena itu saya sangat berharap Sejarah Baru pada zaman Pemuda saat ini bisa terukir kembali  untuk membuat Indonesia makin baik dan maju.

Saya sangat berharap Pemuda dan Pemudi Indonesia saat ini bisa membuat Sumpah Baru untuk Membuat Indonesia menjadi Bangsa yang terpandang,maju, Kompak, tidak mudah dipecah Belah sehingga Indonesia menjadi Negara yang paling tangguh dari seluruh Negara Lain nya.

Bagaimana pemuda bisa bersatu bersama dengan Pemerintah untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik, duduk bersama berdiskusi, memberi masukan, memberikan ilmu nya.

Membantu berperan aktif dalam lingkungan mereka masing-masing sehingga pembangunan dan perekonomian Indonesia bisa merata.

Cinta terhadap tanah air dan ingin melihat perubahan tidak di lampiaskan dengan sesuatu hal yang merugikan. Karena cinta pasti nya akan keluar dari kasih dan kasih tidak membuat ada yang terluka.

Perjuangan pemuda pemudi Indonesia saat ini harus terlihat lebih bijak sesuai dengan keadaan pada zaman ini agar dunia bisa melihat Indonesia sebagai satu negara yang berbeda dalam hal yang positif.

Saya juga berharap pemuda dan pemudi Indonesia saat ini sadar bahwa Indonesia adalah hidup dan masa depan mereka. Karena mau tidak mau kita ada di Indonesia tempat kita melakukan segalanya. Jadi buatlah Indonesia mu menjadi maju karena indonesia adalah hidup dan masa depan mu.

Pemuda pemudi Indonesia harus bersatu, meletakkan semua kepentingan pribadi mereka, memiliki attitude yang baik, berjuang bersama untuk Kemajuan Indonesia.

Karena, kemajuan Indonesia saat ini adalah masa depan yang baik untuk kehidupan Pemuda Indonesia. (*)

Penulis adalah: Elisabet Kurniawati Tjianti berprofesi sebagai pengusaha dan pengurus Nasdem Jawa Barat.