Logo Minggu, 25 Oktober 2020
images

“Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.” (Markus 10: 14)

JAKARTA TIMUR, majalahreformasi.com - Suasana ceria terlukis dalam raut wajah anak-anak sekolah minggu GPKB Pulo Mas. Walaupun hanya beralaskan sebuah tikar di halaman gereja tetapi mereka mengikutinya penuh dengan sukacita.

Sabtu itu anak sekolah minggu sedang melaksanakan acara Sabtu ceria (01/03). Disini mereka bernyanyi, membaca ayat Alkitab dan mendengar firman Tuhan yang dipandu oleh kakak-kakak sekolah minggunya.

Memang jika melihat tingkah polah anak-anak ini dapat menjadi tontonan yang menyejukkan, Kepolosan dan keceriannya sanggup mewarnai dunia.
"Siapa yang tadi malam membaca firman Tuhan," tanya Guru sekolah minggu lalu dijawab anak-anak, saya.

Khotbah oleh Delmian Br Purba salah satu Guru sekolah minggu mengangkat tema mengenai sebuah ketaatan yang akan membawa kesembuhan dan berkat dari Tuhan (Yoh 9;1-12).

Dalam ayat ini, katanya  seorang yang menderita buta sejak kecil taat untuk melakukan apa yang Tuhan pinta. Dan, akhirnya Dia menunjukkan kuasaNya terhadap orang buta sehingga sembuh.

"Mari anak-anak kita menteladani ini, yaitu patuh dan taat kepada Tuhan agar kita di berkati," Imbuhnya.

Saat diwawancari  Delmian br Purba mengatakan, kegiatan sabtu ceria ini sangat penting agar mereka diajarkan saling, kerjasama berinteraksi dengan sesama dan yang paling terpenting mereka agar punya dasar yang kuat kelak menghadapi kehidupan mereka secara pribadi. 

"Disini kami sebagai guru sekolah minggu termasuk  sabtu ceria berusaha mengganti topik kegiatan mereka. Misalnya ; saat ini kami membuat pekerjaan tangan berbentuk setangkai bunga memakai bahan dasar sedotan dan kawat. Pekan depan membuat lampion," ucapnya.

Pekerjaan tangan nantinya, akan dijual untuk keperluan menunjang perayaan Gereja misalnya paskah. Tidak banyak memang, masih kata Delmian, tetapi intinya ini untuk melatih anak-anak agar dari dini sudah diberi tanggung jawab sehingga kelak terbiasa dengan sebuah pekerjaan.

Senada dengan Delmian, Tari br Simatupang salah satu guru sekolah minggu mengatakan memang pada dasarnya senang dengan anak kecil.

"Senang melihat kepolosan mereka, terkadang saya tertawa dengan mereka, menari dan bermain bersama mereka pokoknya seru deh, saya cinta anak-anak," kata wanita yang dari remajanya sudah aktif melayani di N-GPKB Pulo mas.

Ia berharap anak-anak didiknya semakin bertumbuh dan cinta Tuhan mengingat perjalanan mereka masih panjang dan akan penuh dengan tantangan.

Salah seorang anak peserta sabtu ceria bercerita kepada majalahreformasi bahwa kelak cita-citanya menjadi petugas pemadam kebakaran. Hal itu langsung direspons dengan tepuk tangan oleh teman-temannya.

"Ayo teman-teman, nama saya Noah, Sekolah TK Mekar Sari Kelas B1. Ayo ikut sekolah minggu dan sabtu ceria bersama-sama," celotehnya. (David Pasaribu)

 


TAG , , ,