Logo Selasa, 16 April 2024
images

MAJALAHREFORMASI.com - Pengusaha sukses berparas cantik Nana Sarinah menyampaikan kondisi perekonomian di tanah air dalam kurun waktu 1 tahun ini.

Menurutnya perekonomian di Indonesia dipengaruhi oleh dinamika yang sangat kompleks.

"Perekonomian kita dipengaruhi oleh dinamika yang kompleks, dan banyak faktor yang mempengaruhinya," ungkap pemilik Kipina Kids Indonesia ini.

Nana menjelaskan bahwa dinamika itu meliputi : inflasi, ketidakpastian geopolitik, dan dampak akibat pandemi COVID-19 silam.

Oleh sebab itu, pemerintah dan pelaku ekonomi harus bekerja sama untuk mengatasi ketidakpastian dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Saat ditanya kondisi pertumbuhan bisnis ke depan. Nana menyebut pertumbuhan bisnis ke depan kemungkinan akan tergantung pada sejauh mana perusahaan dapat mengidentifikasi dan merespons peluang pasar yang muncul.

Kendati demikian perusahaan juga perlu memperhitungkan risiko seperti perubahan kebijakan pemerintah, fluktuasi nilai tukar, atau peristiwa geopolitik yang dapat mempengaruhi pasar.

Secara khusus Ketua Komisi Tetap Bidang UMKM-Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ini berpesan bagi para pelaku ekonomi agar tetap fleksibel dan responsif terhadap perubahan.

"Mulailah mengidentifikasi peluang di tengah tantangan, serta perkuat ketahanan bisnis, dan fokus pada inovasi," tutur wanita yang pernah meraih penghargaan dari Anugerah Perempuan Indonesia (API).

Selain itu, Nana mengajak para pengusaha agar selalu menjaga kesejahteraan tim mereka karena kesejahteraan karyawan dapat berdampak positif pada produktivitas dan kreativitas.

"Teruslah belajar dari pengalaman dan pertahankan komitmen terhadap nilai-nilai berkelanjutan dalam operasi bisnis Anda," ucap pengusaha yang akan membuka cabang baru Kipina Kids di Surabaya ini tersenyum sambil menutup. (David)