Logo Rabu, 1 Februari 2023
images

Dating Palembangan

MAJALAHREFORMASI.com - Menjelang peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94, yang jatuh pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, Tokoh pemuda Nasional Dating Palembangan mempunyai harapan besar kepada para generasi muda.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ini, berharap para pemuda untuk saling bahu membahu dan berkarya melalui profesi mereka masing-masing. Peran-peran sederhana sekalipun akan menjadi kekuatan besar ketika disatukan oleh seluruh pemuda yang ada di Indonesia

"Sekecil apapun itu, negara sangat membutuhkan partisipasi anda guna memajukan negara ini," ujarnya kepada wartawan di Jakarta.

Lebih jauh, pada kesempatan itu Dating Palembangan juga mengajak generasi muda agar mempunyai suatu pemikiran yang maju untuk melihat bangsa ini lebih kuat kedepannya.

Terkait tema, pada momentum Sumpah Pemuda tahun ini, pemerintah juga secara resmi telah merilis melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia yaitu: "Bersatu Bangun Bangsa". 

Menanggapi hal itu, mantan Ketua Umum DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) pada periode 2007-2011 menjelaskan jika tema yang di usung ini sebenarnya adalah cita-cita luhur para Deklarator Sumpah Pemuda itu sendiri. 

Mereka sadar berasal dari berbagai suku bangsa dengan latar belakang keyakinan yang berbeda-beda.

Artinya, ungkap mantan aktivis Universitas Hasanuddin Makassar ini, di alam kemerdekaan saat ini cita-cita mereka harus diwujudkan dalam satu wujud yang nyata berupa pembangunan agar negara Indonesia semakin kuat dan berjaya.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-94, kita adalah Indonesia, Indonesia adalah kita, Merdeka!" pekiknya. (David)