Logo Selasa, 16 April 2024
images

MAJALAHREFORMASI.com -  Menjaga kondisi mental seseorang agar tetap sehat sengatlah penting karena akan mempengaruhi kualitas hidup, keseimbangan dan produktifitas dalam hidupnya.

Beban kehidupan atau permasalahan-permasalahan yang tidak kunjung menemukan solusi, cepat atau lambat akan mempengaruhi kondisi mental seseorang.

Elly Kurniawati mengatakan bahwa setiap orang pasti memiliki beban dalam hidupnya, namun umat Kristen diajarkan untuk percaya bahwa tantangan apa pun yang menerpa mereka, semua itu tidak akan melampaui kekuatan manusia.

Gembala PD Victory ini menjelaskan di saat seseorang sadar bahwa Tuhan itu sanggup membuka jalan dalam setiap persoalan manusia maka jiwanya akan tenang dan menemukan kedamaian dalam segala hal.

"Jangan melihat keadaan sekitar tetapi jiwa yang tenang itu saat kita mempercayai Tuhan dan kebesaranNya untuk menciptakan jalan terbaik," kata Elly.

Salah satu cara untuk menenangkan jiwa adalah dengan berdoa, karena doa orang benar sangat besar kuasanya.

Kesehatan Mental di Keluarga 

Berkaca pada kejadian bunuh diri satu keluarga di salah satu aparteman di bilangan Jakarta Utara menunjukkan pentingnya kesehatan mental terpenuhi dalam satu keluarga.

Dasar kekristenan dalam rumah tangga perlu dibangun tiap individu, baik suami, anak-anak maupun isteri.

Saat suami mengalami tekanan, istri sebagai penopang memberi kekuatan buat anak-anak dan suaminya dengan bersandar kepada firman Tuhan dan sebaliknya.

Artinya, firman Tuhan adalah jawaban satu-satunya yang membuat mereka bangkit kembali dari keterpurukan karena firman itu sanggup untuk memerdekakan semua orang.

Mendekati akhir zaman akan semakin banyak tantangan dan orang jahat akan semakin jahat. Oleh sebab itu, ia meminta agar anak-anak Tuhan semakin melekat dan intim kepadaNya.

Saat seseorang telah membangun keintiman bersama Tuhan maka mereka akan semakin kuat menanggung segala perkara.

"Andalkanlah Tuhan, jalan pintas seperti bunuh diri bukan solusi, itu justru akan membawa hidup kita pada kehancuran dan maut," pinta Elly.

Saat kita percaya Tuhan, ujar dia, pintu-pintu yang luas akan terbuka di hadapan kita, dan Tuhan akan menyediakan solusi terbaik untuk setiap masalah yang kita hadapi.

"Tetap semangat dan jangan banyak melihat fakta karena itu bukanlah nyata yang memegang hidup kita. Hanya Tuhan yang memegang kendali atas hidup kita," tandasnya sambil menutup perbincangan siang itu.

Elly adalah Gembala PD Victory yang saat ini ada telah memiliki beberapa cabang diantaranya Surabaya, Jakarta, Bali, Semarang dan Bali. (David)