Logo Minggu, 2 Oktober 2022
images

Jakarta, majalahreformasi.com - Sebahagian besar rakyat indoesia sangat gemar minum kopi, apalagi di saat pagi dan sore hari. Banyak jenis kopi yang saat ini tersedia.

Tren penikmat kopi dari tahun ke tahun terus meningkat membuat bisnis kopi cukup digandrungi, khususnya kalangan muda.
Wakil Ketua Umum Asosiasi Ekportir Kopi Indonesia (AEKI), Pranoto Soenarto, menilai tren bisnis kedai kopi yang prospektif tersebut bisa dilihat dari terus bertumbuhnya konsumsi kopi per kapita dalam negeri.

Banyak jenis kopi yang saat ini tersedia. Mulai dari kopi Latte (rasio susu dan kopi nya hampir seimbang), Ekspresso ( berasal dari ekstraksi biji kopi dengan menggunakan uap pans yang bertekanan tinggi) , macchiato (kopi ekspreso yang perbandingan kopi nya dengan susu 4;1,  atau kopi tubruk/ khas Indonesia. Tinggal anda memilih yang sesuai dengan selera.

Sebenarnya banyak manfaat dari kopi apalagi tanpa gula, yaitu;

Sumber anti oksidan dan nutrisi
Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak mengandung antioksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium memang sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalikan kadar gula dalam darah.

Kopi Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia
Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi syaraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktifitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf.

Mengurangi Potensi Diabetes
Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh

Mengurangi Resiko Kanker
Minuman kopi yang mengandung kafein ternyata juga bisa melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang bisa diminimalkan resikonya adalah kanker hati dan kanker payudara. Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.

Kopi Membuat Tubuh Lebih Bugar
Salah satu ahli kopi yang bernama Ory Hofmekler mengatakan jika konsumsi kopi dengan cara yang benar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi secara rutin akan membuat kesehatan otot menjadi lebih kuat. Namun syarat yang dibutuhkan ini adalah dengan manfaat kopi pahit tanpa gula atau seperti kopi rendah gula.

Bisa Mendukung Diet
Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman yang rendah kalori. Anda bisa membuat minuman ini untuk mendukung program diet. Anda tidak perlu merasa khawatir karena tidak ada gula dalam kopi sehingga kalori yang ditemukan juga rendah. Jika Anda menambah gula atau krim ke dalam kopi maka akan meningkatkan lemak dan kalori sehingga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, lebih baik tetap minum kopi tanpa gula.

Mendukung Kesehatan Tulang
Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menoupouse. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik.
Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kopi mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi secara tidak langsung akan membentuk efek pada jantung seperti lemak , ang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini maka konsumsi kopi tanpa gula sangat disarankan.

Kopi Membuat Anda tetap Aktif
Manfaat kopi pahit tanpa gula bisa membuat tubuh tetap aktif tanpa merasa mengantuk. Hal ini disebabkan karena kopi bisa meningkatkan kinerja otak yang dipengaruhi dari kandungan kafein. Kafein akan memicu sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah.

Kopi Meningkatkan Produktifitas
Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Efek Buruk Minum Kopi
Banyak orang yang tidak suka minum kopi karena menyadari berbagai efek buruk dari kopi. Namun sebenarnya efek buruk dari minum kopi bisa terjadi karena beberapa hal seperti kondisi kesehatan yang tidak mendukung untuk mengatasi efek kafein. Selain itu tidak semua efek buruk kopi disebabkan dari kafein.
Berikut ini adalah beberapa efek buruk minum kopi jika berlebihan atau cara pengolahan yang tidak benar :
1. Kopi bisa menyebabkan gangguan fungsi kelenjar adrenal terutama bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan kelenjar adrenal.
2. Kopi bisa menyebabkan masalah atau efek diuretik jadi orang yang sudah memiliki masalah dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tidak disarankan untuk minum kopi.
3. Konsumsi kopi yang dicampur gula secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit perut, detak jantung tidak teratur, kepala pusing dan berbagai gejala yang membuat tubuh lemah.
4. Konsumsi kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kurang peka lingkungan, sakit perut, gelisah, detak jantung dan menyebabkan gangguan kecemasan.
5. Minum kopi yang mengandung latte atau gula bisa menyebabkan peningkatkan kolesterol
Jadi, mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika anda sudah memiliki beberapa gangguan kesehatan, sebaiknya minum kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang terbatas

(Dari berbagai sumber)


TAG