Logo Rabu, 1 Februari 2023
images

MAJALAHREFORMASI.com - Setiap tanggal 2 Oktober dinyatakan sebagai hari batik nasional. Seperti yang kita ketahui, pesona dan keindahan kain tradisional batik memang sudah terbukti seolah tidak lekang oleh waktu.

Seorang wanita akan tampak lebih menarik dan cantik berbusana kain tradisional ini begitu juga dengan kaum pria kelihatan lebih gagah mengenakannya. Sehingga wajarlah jika batik saat ini juga diminati sampai ke luar negeri.

Melihat potensi dengan segala kelebihannya itu, Nana Sarinah seorang pengusaha sukses yang berparas cantik ini mengajak masyarakat untuk bangga dan melestarikan budaya bangsa. Bahkan telah menjadi nilai tambah bagi wisata Indonesia dimata dunia.

Nana demikian panggilan akrab bagi pemilik Kippina Kids Indonesia ini juga menghimbau khusus memperingati hari batik nasional kali ini, ia mendorong masyarakat untuk menyebarkan kata-kata positif tentang busana batik termasuk mengucapkan selamat hari batik nasional dan memposting di media sosial mereka masing-masing. 

Bukan hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tidak perlu ragu mengenakan atau memakai batik sebagai pakaian wajib di kantor.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan kembali jika batik sudah ada sejak zaman majapahit dan budaya berbatik sangat populer pada akhir abad ke XVIII atau awal abad XIX. 

Namun, saat ini batik mengalami perkembangan yang cukup pesat yang awalnya hanyalah jenis batik tulis dan batik cap namun seiring perkembangan zaman, sekarang di kenal ada batik lukis serta telah dimodifikasi menjadi lebih modis.

Pada akhir wawancaranya, Nana kembali berharap agar seluruh rakyat Indonesia bangga terhadap kain tradisional batik apalagi setelah mendapat pengakuan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity, pada 2 Oktober 2009 lalu.

"Pengakuan ini adalah bukti dunia telah mengakui batik adalah warisan budaya Indonesia. Selamat hari Batik Nasional, jangan lupa pakai batik," pungkas Nana sambil tersenyum ramah kepada wartawan. (David)