Logo Minggu, 2 Oktober 2022
images

Cinta Amelia Olvy Roring,S.E,M.M. pembina sekaligus pendiri Yayasan Cinta Amelia Indonesia (YCAI)

JAKARTA, MAJALAHREFORMASI.com- Cantik, bertutur kata halus,  berjiwa sosial dan berwawasan luas itulah gambaran sosok wanita ini, namanya Cinta Amelia Olvy Roring,S.E,M.M. Ia adalah pembina sekaligus pendiri Yayasan Cinta Amelia Indonesia (YCAI) . Sebuah Yayasan berbadan hukum resmi yang sudah terbentuk di 34 provinsi seluruh Indonesia bergerak di bidang Sosial kemasyarakatan, Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan, Seni budaya, UMKM, Olahraga, dan lain-lain.

"Halo apa kabar, silahkan duduk," sapanya hangat menyambut kedatangan majalahreformasi.com di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta pusat.

YCAI NTT dalam rangka program beasisiwa bagi 1000 Mahasiswa

Penandatangan MoU YCAI dengan STIE Yapan Surabaya untuk program beasisiwa

Siang itu ia bercerita awal mula terketuk hatinya untuk memberikan hidupnya bagi orang yang kurang beruntung melalui yayasan yang dimilikinya. YCAI, katanya, lahir sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas keselamatan yang diperolehnya akibat kecelakaan maut yang hampir merengut nyawanya.

Saat itu mobil yang dikendarainya terlibat kecelakaan tunggal saat melintas di jalan trans Sumatera, tepatnya di kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi. Kendaraan yang ditumpanginya hampir masuk jurang. "Beberapa sahabat saya meninggal dan luka parah bahkan ada yang cacat seumur hidup, tetapi Saya bersyukur kepada Tuhan masih diberikan dan diijinkan hidup hingga detik ini dalam keadaan sehat," kenangnya bercerita dengan nada pelan.

Yayasan Cinta Amelia Bandar Lampung bersama Perwakilan Kementerian Sosial mendatangi warga kurang mampu yang membutuhkan pengobatan

Yayasan Cinta Amelia Jambi bersama Perwakilan Kementerian Sosial mendatangi warga kurang mampu yang membutuhkan pengobatan

Setelah melalui proses pemulihan mental, Amelia bernazar untuk terjun ke pelayanan kasih dengan cara membantu, melayani dan menjadi pemerhati masyarakat miskin, cacat, sakit, orang-orang yang merasa terpinggirkan,tuna wisma, PSK, narapidana, pengangguran.

Seiring berjalannya waktu, fokus utamanya pun melebar untuk program thn 2021-2025 yang baru berjalan adalah bidang sosial, pendidikan, kesehatan dan UMKM.

Saat YCAI bersama Pembina  Cinta Amelia Olvy Roring berkunjung ke SMESCO

Lewat kerja kerasnya dan perjuangan tak kenal lelah ini, ia berhasil membantu para siswa yang kurang mampu dari segi materi untuk melanjutkan ke bangku kuliah lewat program Gerakan orang tua asuh menciptakan sejuta sarjana se-Indonesia.

Bukan itu saja, walaupun  pendiri namun tak jarang dia turun tangan untuk ikut ke lapangan seperti yang dilakukannya beberapa saat lalu di Lampung. Amelia bersama DPW YCAI Provinsi Lampung dan Kemensos mengunjungi  membantu anak-anak yang sakit parah di salah satu rumah sakit serta turut menyambangi ke rumah masing-masing pasien disana.

Salah satu cabang YCAI di Sulawesi Utara

Cinta Amelia Olvy Roring Saat mendapat penghargaan Citra Perempuan Indonesia

Tidak main-main, kiprahnya dalam bidang pelayanan sosial ini dibuktikan dalam penghargaan-penghargaan yang telah diterima antara lain: penghargaan Citra Perempuan Pembangunan Indonesia 2010 dan ASEAN INSPIRING AWARD WINNER 2021.

Wanita kelahiran 14 Agustus 1970 ini menuturkan kembali apa yang menjadi harapan dan kerinduannya. Dia ingin Mencerdaskan anak bangsa lewat program Gerakan Orang Tua Asuh menciptakan sejuta sarjana se- Indonesia. Serta ikut berpartisipasi bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat untuk membantu mensosialisasikan ke masyarakat program-program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat, menuju Indonesia bangkit. (DAVID)