Logo Senin, 5 Desember 2022
images

MAJALAHREFORMASI.com - Korupsi adalah termasuk kategori kejahatan luar biasa (extraordinary crime)  sehingga tak heran jika kasus ini juga menjadi sorotan publik, termasuk peristiwa yang baru saja terjadi dengan dibebaskannya 10 koruptor dari Lapas.

Ketua Umum Relawan Negeriku Indonesia Jaya (Ninja), C Suhadi, SH., MH mengaku tidak ada yang salah dengan pembebasan tersebut. Hal itu, menurut dia, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, mengacu kepada UU No 22 tahun 2022.

Disebutkan dalam Undang-undang tersebut pada pasal 10 angka 3 menyatakan jika para tahanan telah menjalani hukuman selama 2/3 dari jumlah hukuman yang harus di jalankan. Artinya, seseorang yang telah menjalankan 2/3 dari masa tahanan sudah dapat pembebasan bersyarat.

Kendati demikian, dengan tegas Suhadi mengungkapkan sebelum menuju kesana ada tahapan-tahapan yang mesti dilalui. Narapidana akan diberi arahan-arahan yang cukup banyak. 

Kordinator Team Merah Putih (THMP) ini juga mengingatkan jika pembebasan ini tidak lantas membuat bebas secara mutlak, mereka masih dalam pengawasan dari Lapas dan ada kewajiban lapor ke Lapas. (David)