Logo Minggu, 14 Juli 2024
images

MAJALAHEFORMASI.com - Ketua Umum Persatuan UMKM Indonesia (PERUMKMINDO) Arifin Ibrahim SE menyambut baik terpilihnya Jendral Purn H.Prabowo Subianto sebagai Presiden yang rencananya akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang. Ia meyakini bahwa Prabowo akan mampu membawa ekonomi indonesia lebih baik karena Prabowo telah membuktikan berhasil membangun usahanya, dan menjadikannya konglomerat.

Arifin juga mengakui jika sudah mengenal Prabowo sejak sejak tahun 1980 silam, ketika itu ia masih menjadi pengurus DPP Pemuda Manca Marga LVRI, yang dekat dengan Lingkungan Cendana dan tokoh-tokoh masyarakat terutama Prof Sumitro, pada bidang ekonomi.

"Kami selalu diskusi membahas peranan generasi muda tentang membangun ekonomi kerakyatan di lingkungan ekonomi, mikro, kecil dan menengah serta Koperasi," kenangnya.

Sejak dahulu, ujar Arifin, Prabowo selalu menitikberatkan pembangunan pada sektor ekonomi. Prabowo percaya ekonomi hanya dapat membangun kesejahteraan masyarakat, selain itu ia sangat peduli tentang kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. Konsep itu juga, kata dia, yang diusung PERUMKMINDO dalam membangun UMKM dan koperasi di segala bidang usaha.

"Alasan itu juga, kenapa saya selaku pribadi mendaftarkan diri menjadi anggota Gerindra sejak pada tahun 2014."

Persatuan UMKM Indonesia

Pada kesempatan itu Arifin juga mengatakan anggota PERUMKMINDO saat ini berjumlah 500.000 dari jumlah keseluruhan nasional sebanyak 65.000.000 UMKM, yang meliputi segala bidang usaha. Mereka melaksanakan lima program yang selaras dari undang-undang serta peraturan pemerintah. Program-program tersebut adalah:

1. Membantu pembinaan di bidang administrasi personalia dan administrasi keuangan (SDM) anggota UMKM.

2. Mengembangkan usaha agar naik kelas dan maju bagi anggota UMKM.

3. Mengurus izin usaha mereka agar memiliki status hukum di bidang usaha UMKM dan koperasi.

4. Membantu dan mengembangkan pemasaran hasil produksi mereka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketua Bidang Pemasaran Luar Negeri adalah Bapak Dr. H. Moetiono Ngestiadi (Pak Adi), dan Ketua Bidang Pemasaran Dalam Negeri adalah Ibu Hayati Helmy MM (Ibu Ade).

5. Memfasilitasi permodalan dari Pemerintah dan BUMN berupa dana KUR dengan bunga saat ini 6% per tahun. Dimana Pihaknya telah mengusulkan agar bunga KUR untuk tahun 2025 - 2029 dan seterusnya menjadi 0% per tahun, karena bunga 6% per tahun membuat UMKM sulit bersaing dengan produk luar negeri dan ekspor memerlukan modal besar. Kendala utama adalah bunga modal yang tinggi dan bahan baku impor.

Seperti diketahui,  Arifin Ibrahim SE selain dikenal sebagai Ketum  DPP PerUMKMindo juga tercatat sebagai relawan di Dewan Pembina Perisai Prabowo  telah ikut mensukseskan Prabowo Subianto menjadi Presiden RI periode 2024-2029. 

Sesuai surat resmi dan proposal dukungan DPP PERUMKMINDO yang telah disampaikan pada 26 September 2023 silam dan telah diterima secara resmi di kantor KemenHankam RI pada 11 Oktober 2023. (*)