Logo Senin, 5 Desember 2022
images

Dr. John N. Palinggi, MM., MBA

JAKARTA, MAJALAHREFORMASI.com- Siapa yang tidak ingin menjadi seorang yang sukses dalam hidupnya? Apalagi pencapaian sebuah kesuksesan saat ini adalah sesuatu yang langka. Karena itu, banyak orang akan mencari bagaimana cara menjadi berhasil. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meniru kebiasaan oleh tokoh yang sudah lebih dulu mencapai keberhasilan. Mungkin sosok yang dikenal ramah ini bisa menjadi inspirasi, namanya Dr. John N. Palinggi, MM., MBA atau yang akrab disapa John.

Saat ditemui di kantornya di bilangan Thamrin, Jakarta ia membeberkan tips sukses dirinya sebagai seorang pebisnis adalah rendah hati. "Saya mempunyai keyakinan bahwa orang yang rendah hati akan ditinggikan oleh Tuhan," ujar John.

Ia juga mencontohkan seperti Jendral (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru saja dilantik adalah mempunyai sikap yang rendah hati sama seperti bapak Jokowi.

Sehingga ia yakin bahwa Kapolri Listyo dapat berhasil dengan misi tugasnya apalagi tugas pertamanya adalah mengkonsilidasikan personal Polri. Bagaimana mungkin bisa membina dan mengarahkan orang kalau pemimpinnya adalah seorang yang tinggi hati?

"Orang yang rendah hati akan selalu diberikan anugerah, petunjuk oleh Tuhan untuk melakukan tugasnya, sehingga dia bisa sukses dalam segala profesinya termasuk bisnisnya itu juga yang saya alami," tutur dia.

Kemudian John juga menyebut bahwa keberhasilannnya selama ini bisa diraihnya tidak lepas dari ia membangun hubungan baik dengan semua orang yang dipercaya Tuhan untuk mengembang tugas sebagai pejabat negara termasuk TNI-POLRI.

"Saya percaya bahwa mereka semua dipilih dan ditetapkan oleh Tuhan maka pada saat mereka menjabat maka saya wajib untuk menghormatimya untuk Tuhan," ungkap anggota Dewan Analisis dan Strategis sekaligus pengajar intelijen di Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, "Bagaimana jika mereka melakukan kesalahan? Menurut orang nomor satu di Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (ARDIN) ini bahwa itu adalah urusan masing-masing pihak terhadap Tuhan dan hukum.

Lebih jauh, John juga merasa bahwa Negara juga telah berbuat banyak terhadapnya bahkan disaat usianya masih muda saat itu ia sudah menjadi peserta LEMHANAS. "Anda tahu sendiri masuk lembaga itu bukanlah suatu hal yang mudah makanya setelah lulus LEMHANNAS saya berjanji saat itu akan setia dan menghormati siapapun pejabat di negara ini," kata dia.

Namun, dia mengatakan,  motif penghormatan itu harus benar dan jangan berharap akan ada balasan dari mereka, itu adalah sebuah ketulusan dan keiklasan.

Saat ini John merasa pencapaiannya sudah lebih dari cukup atas rezeki, uang, harta benda dan kebahagiaan dari Tuhan, yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Multi Talent

Menjadi pemimpin di usia muda tidaklah mudah, tapi bukan mustahil. Itu yang John Palinggi buktikan dengan menduduki ketua umum KADIN Kalimantan saat usianya masih 28 tahun.

Bukan hanya itu ia juga sebagai sosok Entrepreneur yang multi talent dengan terpilih menjadi tenaga ahli di media center Habibie bersama Mayor Jendral Sudrajat dan Letnan Jendral Yunus Yosfiah menjadi moderator dialogis yang sukses saat itu.

Saat ini, John juga aktif sebagai konsultan bisnis dan investasi dari luar negeri dalam ahli keamanan. Secara aktif membantu para investor China, Singapore dan Australia agar mereka merasa aman dan terlindungi berinvestasi di Indonesia.

Sejak tahun 2001 hingga kini sudah memperoleh APEC Business Travel Card, yaitu bebas visa di 19 negara di Asia Pasifik. Travel Card ini diperoleh John Palinggi dalam pertemuan pengusaha dan pimpinan tertinggi pemerintahan para anggota kerja sama ekonomi di negara-negara Asia Pasifik yang masa berlakunya hingga 23 Januari 2025.

Diakhir wawancaranya ia kembali menekankan pentingnya sikap yang selalu rendah hati dan taat kepada pemimpin termasuk President dan pejabat negara lainnya karena itu adalah pilihan Tuhan.

"Mungkin bagi orang yang belum berhasil secara maksimal dalam hidupnya saat ini adalah karena tidak rendah hati, saya sarankan tetaplah rendah hati agar Tuhan meninggikan kita semua dan hormati pemimpinmu," demikian kata John saat ditemui di kantornya di daerah elit bilangan Thamrin, Jakarta. (DAVID)