Logo Rabu, 1 Desember 2021
images

Ketua Umum Organ Relawan Jokowi Garda Muda JKW2P dan Garda Muda Nawacita, Henny Handayani

MAJALAHREFORMASI.com - Ketua Umum Organ Relawan Jokowi Garda Muda JKW2P dan Garda Muda Nawacita, Henny Handayani menyampaikan selamat memperingati hari sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.

"Selamat memperingati hari sumpah pemuda yang ke-93 kepada seluruh rakyat Indonesia khusunya para pemuda," ujar Henny saat ditemui wartawan di bilangan Kalibata, Jakarta baru-baru ini.

Henny juga beri pesan kepada generasi muda Indonesia. Ia mengatakan agar para pemuda senantiasa bersatu, toleransi dan saling menyayangi antar sesama anak bangsa tanpa membedakan suku, dan agama. "Semua anak Indonesia adalah hebat dan harus bangga kepada negaranya," harapnya.

Mantan Pramugari First Class Garuda Indonesia ini menuturkan sumpah pemuda sangat penting dan sakral bagi rakyat Indonesia karena merupakan cikal bakal lahirnya kemerdekaaan negara Indonesia.

Walaupun sudah 93 tahun, ia juga menilai sumpah pemuda masih sangat relevan hingga saat ini karena kemerdekaan ini bukan di raih dengan gratis atau cuma-cuma tetapi dengan darah dan air mata. "Generasi muda harus mengetahui bahwa isi dan janji sumpah pemuda untuk satu nusa dan satu bangsa dan bahasa adalah sangat relevan dan sangat dibutuhkan NKRI," jelasnya.

Henny menyadari bahwa kondisi dan tantangan para pemuda saat ini berbeda namun semangat sumpah pemuda di masa lalu dapat dijadikan inspirasi oleh generasi milenial saat ini untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik.

Pengacara senior ini juga mendorong partisipasi sekolah-sekolah agar mata pelajaran yang dapat menumbuhkan kecintaan kepada tanah air mendapat prioritas, termasuk pertukaran pelajar antar provinsi, menggelar event-event tingkat nasioanal seperti PON, seminar antar pelajar dari semua daerah sehingga bisa lebih mengenal kebudayaan dari masing-masing daerah.

Di akhir wawancaranya Henny kembali berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya para orang tua, guru-guru serta pemerintah agar menanamkan rasa cinta tanah air kepada para generasi muda.

"Jangan Luar Negeri Minded tetapi harus bangga terhadap Indonesia dan terhadap tanah Air kita sendiri. Bersatulah para pemuda harapan bangsa dari Sabang sampai Merauke," tutur Henny.

"Mari bergandeng tangan bersama meraih masa depan gemilang, semua menjadi satu, satu Indonesia, kita semua bersaudara, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia," pungkas dia. (David)