Logo Selasa, 18 Januari 2022
images

MAJALAHREFORMASI.com - Partisipasi Kristen Indonesia Parkindo menggelar musyawarah nasional (Munas) ke IV di Hotel bumi Sangkuriang bandung. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa barat Ridwal Kamil.

Dalam kesempatan itu Ridwan Kamil diminta berbicara dengan tema "Kebangsaan."

Sebelumnya, Ridwal Kamil mengucapkan selamat datang di bumi Parahyangan yang sangat subur. Dia mengaku senang atas acara ini, karena dapat menjalin kebersamaan atau kekompakan.

Pasalnya ia menyebut, saat ini kondisi bangsa Indonesia mudah sekali terpicu dengan perbedaan, sementara negara lain masalah-masalah ini sudah selesai. "Coba kita buka sosial media di hiasi oleh permusuhan," ujar dia.

"Tetapi saya percaya di Munas ini berbeda disini akan dihasilkan gagasan yang cemerlang," tambah dia.

Ia juga mengingatkan akan bahayanya suatu negara jika tidak bisa menjaga persatuannya. Ridwan mencontohkan negara India karena tidak bisa menjaga persatuannya sehingga pecah. 

Lebih jauh ia menuturkan bahwa selalu ada dua pemikiran jika seseorang melihat perbedaan. Pertama melihat perbedaan adalah anugerah dan kekayaan dari Tuhan tetapi ada yang memandang dengan suatu permusuhan.

Oleh sebab itu, kata dia, kita wajib menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan jangan ikutan dengan kelompok-kelompok tertentu tetapi selalu menjadi pembawa damai. (David)