Logo Minggu, 14 Juli 2024
images

MAJALAHREFORMASI.com - IKLIM (The Indonesian Climate Communications, Arts & Music Lab) kembali menggelar lokakarya dan serangkaian kegiatan yang menggandeng 15 musisi ternama termasuk Efek Rumah Kaca, Voice of Baceprot, dan Petra Sihombing.

Lokakarya ini mengusung tema “Aktivisme Musik & Lingkungan” ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juli 2024, di beberapa lokasi di Ubud, Bali.

Nova Ruth,  kini menjadi fasilitator dan musisi yang tergabung dalam IKLIM dan album kompilasi ‘sonic/panic’ yang dirilis tahun lalu bersama 13 musisi IKLIM lainnya, menyampaikan pesan krisis iklim melalui musik. 

“Musik memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan mendesak tentang krisis iklim. Melalui IKLIM, kami bertujuan menginspirasi tindakan dan meningkatkan kesadaran melalui ekspresi kreatif," kata dia.

Selama lokakarya empat hari ini, peserta akan menjelajahi isu-isu krisis iklim, solusi energi terbaru, dan dampak penggunaan batubara terhadap polusi udara dan emisi CO2. 

Para musisi juga akan melakukan penanaman pohon bersama di area Gianyar guna mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan (carbon offsetting) dari perjalanan para musisi dari kota asalnya ke Bali. (*)