Logo Senin, 5 Desember 2022
images

MAJALAHREFORMASI.com - Pengamat Sosial Politik Effendi Gozali menyayangkan para calon president pada 2024 mendatang, belum ada yang membantu keluhan dari masyarakat terkait masalah kepemilikan atas tanah mereka. Paling tidak menolong masyarakat yang tinggal di lingkungan nya.

"Menurut saya ini waktu yang tepat kepada siapapun juga ingin maju dalam capres 2024 agar membantu masyarakat terkait masalah-masalah tanah mereka," ujar dia saat diskusi publik yang bertajuk "100 Hari Perjalanan Pilot Jet Tempur, Hadi Tjahjanto Menerbangkan ATR/BPN" bertempat di Oktaf Coffee di bilangan Tebet , Jakarta Selatan, pada Sabtu (24/09/2022) siang lalu.

Hal itu dikatakannya menanggapi carut-marutnya pertanahan di Indonesia, sehingga kerap menimbulkan konflik di tengah masyarakat akhir-akhir ini.

Persoalan tanah ini sebenarnya, kata dia, tidak memandang strata atau status sosial, semua orang berpotensi terkena. 

"Anda bisa bayangkan ada dua sertifikat resmi pada objek yang sama, belum lagi ada kasus, seseorang punya sertifikat asli tetapi setelah di cek objeknya tidak ada," beber dia.

Lebih lanjut, ia menghimbau kembali kepada siapapun yang maju pada Pilpres 2024 mendatang agar mau mendengar dan membantu keluhan dari masyarakat khususnya sektor agraria atau tanah mereka. (David)