Logo Senin, 26 Oktober 2020
images

Ilustrasi, Getty Images/iStockphoto

JAKARTA, MAJALAHREFORMASI.com- Setelah sekian lama melalui masa isolasi kini kita sudah mulai memasuki masa transisi dan ucapkan selamat datang di era new normal. Era ini adalah era dimana masyarakat sudah mulai beraktivitas normal kembali tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kehidupan new normal ini ditawarkan agar perekonomian bisa kembali berjalan meskipun obat atau vaksin Corona belum ditemukan.

Keadaan kita sekarang ini membuat perilaku ekonomi masyarakat berubah, dari yang tadinya lebih nyaman berbelanja di pasar atau secara offline kini orang-orang berbondong-bondong untuk melakukan pembelian melalui online, selain karena peraturan PSBB ini juga guna menghindari kita untuk keluar rumah agar tak terpapar virus saat ada di luar rumah.

Bagi para pengusaha yang pada saat pandemi atau selama PSBB mengalami penurunan pendapatan atau bagi para masyarakat yang ingin mulai membangun sebuah usaha atau bisnis, berikut adalah peluang bisnis yang bias dicoba saat masa new normal ini:

-Makanan Beku atau Frozen Food, dikutip dari https://www.cermati.com Bekerja dari rumah dalam waktu yang lama dan ketakutan akan keluar rumah membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli makanan beku yang awet lebih lama demi mengurangi frekuensi keluar rumah untuk berbelanja.

Keuntungan lain yang membuat orang senang membeli frozen food adalah harganya yang lebih murah tapi lebih awet juga penyajiannya praktis dan mudah.

Nah, jika kamu ingin coba jadi penjual frozen food. Caranya bisa dengan menjadi reseller dari distributor frozen food yang bisa ditemukan dengan mudah dengan internet.

Modalnya pun tidak mahal, dengan menyiapkan modal antara Rp500 ribu – Rp1 juta dan lemari es yang cukup bisa menampung stock produk kamu sudah bisa memulai bisnis frozen foodmu sendiri.

Tips tambahan, makanan beku yang sedang populer saat ini selain nugget dan sosis adalah dimsum, siomay, risolis dan corndog.

-Sayur dan Buah Online,  meskipun kita sudah memasuki era new normal namun banyak juga masyarakat yang memilih tidak datang ke tempat ramai apalagi seperti pasar tradisional mau pun modern, nah ini lah yang kita jadikan peluang sebagai penyedia jasa bagi masayarakat yang belum mau untuk melakukan aktifitas lama di luar rumah.

Menurut artikel yang di rilis oleh blog.amartha.com pada masa seperti ini, permintaan pasar terhadap sayur dan buah sangat tinggi. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur mulai terbuka. Dengan adanya protokol kesehatan, tentu mereka tak leluasa keluar rumah untuk membeli buah dan sayuran segar.

Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual sayur dan buah segar via online sebagai bisnis yang menguntungkan. Gunakan beberapa platform dan media sosial untuk meningkatkan penjualan Anda dalam usaha ini.

-Minuman Herbal, masih dari artikel yang sama, salah satu usaha preventif yang dilakukan sebagian besar masyarakat dalam menjaga kesehatan selama masa pandemi adalah dengan mengonsumsi minuman herbal atau jamu. Hal ini membuat usaha ramuan rempah mengalami peningkatan. Itu terbukti dengan tingginya harga rempah di pasaran, seperti, kencur, kunyit, jahe, dan sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang memberikan banyak keuntungan selama masa pandemi dan new normal.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Namun, bisa memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

-Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri, jangan lupakan satu hal ini, di era new normal alat sanitasi dan perlindungan sudah menajdi hal primer yang harus dimiliki dan bahkan wajib dimiliki oleh semua orang. Dengan memanfaatkan peluang bisnis ini selain bisa mendapatkan keuntungan ini uga merupakan salah satu bentuk kontribusi bagi masyarakat.

-Masker Kain, Menurut www.sisternet.co.id Masker sudah bukan hal yang baru lagi untuk dipakai, bahkan sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia pun. Tapi sejak wabah Covid-19 ini berkembang, pemakaian masker menjadi sesuatu yang wajib. Dan dengan adanya protokol untuk tetap memakai masker di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diprediksi tidak akan turun.

-Topi bertirai plastik, selain masker yang bisa melindungi wajah dari terkena atau menularkan virus melalui air liur pun mulai dilirik pasar. Bisa jadi kedua barang ini menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia. Tinggal kamu sebagai pebisnis melihat ini sebagai peluang usaha dan memasukan ide-ide kreatifmu, Sisters.

-Alat Makan, salah satu anjuran agar kita bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di luar rumah termasuk (kantor, mal dan tempat makan) adalah membawa alat makan sendiri karena lebih terjamin akan kebersihannya. Dr. Golda Naomi Sinambela, SpKP dari RS Eka Hospital menyebutkan membawa alat makan sendiri sangat penting untuk menjamin kebersihan dan penggunaan barang secara bersamaan.

Sehingga penggunaan alat makan sendiri menjadi Kebiasaan tidak hanya berlaku saat makan di kantor, di sekolah tapi juga saat makan di pinggir jalan bahkan di restauran.

Dan dengan menjalankan bisnis ini tak perlu khawatir karena selalu ada peminat terlebih sekarang masyarakat akan semakin peduli dengan penggunaan alat makan mereka, selain itu keuntungan juga bisa kamu dapat karena biasanya produk seperti ini dibandrol dengan harga yang lumayan. (DAVID)