Logo Rabu, 1 Februari 2023
images

MAJALAHREFORMASI.com - Bilangan Research Center (BRC) telah melakukan survei nasional terhadap gereja kecil, sedang dan besar, baik yang di kota besar maupun kota kecil yang berasal dari seluruh aliran gereja di bulan September - November 2022.

Hasil survei menunjukkan bahwa selama 1 bulan terakhir terdapat 81% jemaat yang kembali beribadah Minggu (umum) secara on-site, sedangkan untuk Ibadah Pemuda & Remaja hanya 75% yang kembali. Walaupun demikian, terdapat 2.5% gereja yang kembalinya lebih dari 100% untuk Ibadah Umum.

Salah satu hal yang menarik adalah jemaat gereja kecil lebih banyak yang kembali beribadah secara on-site (82.3%), dibandingkan dengan gereja besar (76.4%).

Berdasarkan koridor, gereja-gereja di Jabodetabek memiliki persentase paling kecil di antara semua daerah, yaitu hanya 72.5% yang kembali kembali beribadah secara on-site. Bahkan pada Ibadah Pemuda & Remaja hanya 66.3% yang kembali.

Salah satu kegiatan yang berpengaruh dalam hal kembalinya jemaat beribadah on-site adalah tingkat keterlibatan jemaat dalam pelayanan. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin banyak jemaat yang kembali.

Alasan terbanyak jemaat dengan setia mau beribadah kembali secara onsite adalah mereka merasakan dampak positif dari kegiatan ibadah dan pembinaan. Alasan terbanyak kedua adalah mereka memiliki komunitas atau sahabat di gereja.

Adapun 2 alasan terbesar mereka tidak kembali beribadah secara on-site adalah masih khawatir tertular covid, dan yang berikutnya adalah masih menyukai ibadah secara online.

Handi Irawan D.

Ketua BRC

(Bilangan Research Center)