Logo Sabtu, 23 Oktober 2021
images

MAJALAHREFORMASI.com - Tim kuasa hukum Muhammad Kace, Herbert Aritonang memberi tanggapan atas ditangkapnya Yahya Waloni oleh penyidik Dit Tipidsiber Bareskrim Polri di kediamannya yang berlokasi di Cibubur, Jakarta Timur.

Herbert mengapresiasi terkait penangkapan itu. "Sebenarnya ini adalah tuntutan kami pada saat melakukan pendampingan terhadap Kace agar siapapun yang melakukan penghinaan terhadap agama lainnya harus diproses juga dong," jelas Herbert saat ditemui di Pengadilan Negri Jakarta Timur (27/8).

Ia juga menambahkan justru jika Polisi tidak melakukan penangkapan terhadap Waloni maka minoritas siap-siap terima kosekuensi hukum ketika melakukan pengkajian teologi berikutnya.

Di lain sisi saat ditanyakan perkembangan kasus Kace, Herbert mengungkapkan bahwa sebenarnya kasus Kace ini adalah penafsiran teologi saja yang harusnya disikapi dengan dialog tidak langsung melakukan kriminalisasi.

Pun demikian, Herbert mangatakan klien-nya siap menghadapi proses hukum namun Polisi juga diharapkan bertindak sama atau adil terhadap pelaku kasus dugaan penodaan agama lainnya. (David)