Logo Senin, 5 Desember 2022
images

MAJALAHREFORMASI.com - Nana Sarinah, menanggapi kenaikan harga BBM subsidi terutama untuk pertalite dan solar. Ia mengingatkan semua pihak bahwa kenaikan harga BBM akan berimbas terjadinya lonjakan harga barang lainnya, karena transportasi naik.

Salah satu owner Kipina Kids Indonesia yang berparas Jelita ini pun menjelaskan walaupun kenaikan BBM di tanah air tidak setinggi negara Barat namun inflasi dan krisis ekonomi perlu di waspadai.

Dirinya menyebut secara Global ekonomi Indonesia dikatakan kuat dengan pertumbuhan positif, kendati demikian perlu di cermati sektor mana yang paling tinggi pertumbuhannya dan memberi dampak ke masyarakat luas.

"Seperti pernyataan Jokowi maka sebaiknya seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah maupun swasta harus bekerjasama membangun ketahanan ekonomi serta membuat strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang kita miliki, dengan mengurangi ketergantungan impor," ujar komisaris PT Hensi Internasional tersebut.

Pebisnis yang dikenal sebagai sosok pekerja keras namun ramah senyuman ini berpandangan untuk menyikapi situasi saat ini apalagi ditengah ancaman resesi global. Pemerintah dihimbau untuk membuat atau menerbitkan regulasi yang pro bisnis dan dunia usaha. Untuk meningkatkan terbuka nya peluang usaha bagi pelaku UMKM.

Selain itu, Nana menilai perlu dibangun sistem yang jelas dan bersinergi guna memangkas birokrasi yang menghambat kemajuan. Sehingga perizinan usaha investasi memiliki kepastian hukum yang jelas.

Pada sisi lain, pengurus Yayasan CEO Indonesia ini menyarankan terhadap para pelaku UMKM untuk selalu berinovasi, memenuhi standarisasi dan punya integritas. Pasalnya, kerap terjadi saat permintaan banyak, namun mereka (Pelaku UMKM-Red) justru tidak sanggup memenuhi permintaan pasar tersebut. 

Secara khusus, sosok yang pernah meraih penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia (API) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama para perempuan Indonesia untuk menggunakan dan membeli produk lokal atau dalam negri. 

"Mari kita sama-sama memakai product dalam negeri, hal itu dimulai dari diri kita sendiri dengan memakai tas, sepatu dan baju serta lainnya," ajak wanita yang juga pengurus DPP IWAPI tersebut kepada wartawan sambil menutup perbincangan nya siang itu. (David)