Logo Minggu, 14 Agustus 2022
images

Penulis adalah Putri Simorangkir, Ketum Dantara (Damai Nusantaraku)

MAJALAHREFORMASI.com - Siang itu, pada tanggal 16 Juni 2021 terjadi musibah. RS Apung dokter Lie Dharmawan terbakar dan tenggelam dengan sangat cepat di perairan Sumbawa, seusai menyelesaikan pelayanan medisnya.

Si “Bahenol” begitu dr Lie manamai kapal Rumah Sakit Apung kesayangannya tersebut, begitu berita yang disampaikan oleh dr Lie Dharmawan sahabat kami saat itu.

Berita tenggelamnya kapal tersebut langsung marak, dan memperoleh simpati dari banyak sekali simpatisan pelayanan dokter Lie baik didalam maupun diluar negri. Bagaimana tidak ….”Bahenol” , Kapal Rumah Sakit telah bekerja bagi masyarakat kecil, selama (12) dua belas tahun melayani pengobatan gratis hingga kekepulauan ke pelosok negri, wilayah yang hampir tidak terjangkau. 

Banyak cerita indah hasil dari pelayanan “Bahenol." Sudah tidak terhitung banyaknya nyawa yang tertolong, adakalanya penyakit yang dianggap tidak bisa lagi ditangani, oleh campur tangan Pertolongan Yang Maha Tinggi melalui pelayanan “Bahenol” serta tangan dingin dokter Lie beserta team, bisa tertolong.

Ada satu pernyataan dr Lie yang luar biasa menyentuh tatkala beliau pernah menunjukkan peralatan medis modern di kapal. Beliau mengatakan begini: "Mereka orang-orang kecil kebanyakan tidak punya, namun demikian mereka berhak mendapatkan pelayanan terbaik."

Hari ini berita duka oleh tenggelamnya “Bahenol” telah digantikan dengan berita yang menyenangkan, karena “ Bahenol-2” Kapal Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan pengganti “Bahenol-1”siap melanjutkan kembali pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat hingga kepelosok negeri.

Rumah Sakit Apung dr Lie Dharmawan saat ini sedang menjalani pekerjaan tahap akhir, dari kapal Phinisi biasa direnovasi menjadi Kapal Rumah Sakit yang dilengkapi ruang operasi mayor maupun operasi minor yang lengkap dengan laboratoriumnya. Kemungkinan besar pelayanan perdana akan dilakukan dalam waktu dekat kepedalaman Kepri, Kepulauan Riau.

Selamat melayani “Bahenol-2” Rumah Sakit Apung dr Lie Dharmawan, semoga kembali bangsa kita yang jauh itu bisa dilayani dan diselamatkan..

Bravo dr Lie Dharmawan berserta team! (*)