Logo Minggu, 25 Oktober 2020
images

Ilustrasi

JAKARTA, MAJALAHREFORMASI.com- Terdapat salah satu poin yang menjadi penting dalam menerapkan New Normal yaitu siapa dan bagaimana seorang pemimpin mempersiapkan dan merealisasikan new normal ini dapat berjalan dengan lancar.

Pemimpin yang di maksud mencakup semua aspek, baik pemimpin daerah, pemerintah, pemimpin perusahaan, dan lainnya. Banyak hal yang harus mereka siapkan.

Ada 5 poin menurut Mckinsey yang dirasa penting untuk disiapkan oleh seorang pemimpin. Antara lain;

Pertama adalah Resolve, seorang pemimpin harus mengidentifikasi permasalahan yang disebabkan covid-19 kepada SDM, kustomer, teknologi, dan rekan bisnis.

Kedua Resilience, pemimping harus mengidentifikasi tantangan pengelolaan keuangan jangka pendek, dan ketahanan yang lebih jauh selama lockdown/ PSBB, dan dampak ekonomi.

Ketiga, Return, Pemimpin harus membangun rencana yang mendetail terkait cara beroperasi seperti biasa kembali seiring dengan evolusi virus dan dampak nyata lebih terasa.

Keempat, Reimagination, pemimpin harus dapat membayangkan bagaimana kondisi setelah “new normal” berlaku. Perubahan apa saja yang terjadi, dan apa implikasinya bagi perusahaan/ institusi.

Dan yang kelima adalah Reform, seorang pemimpin harus dapat menyesuaikan perusahaan/ institusi kepada perubahan peraturan dan iklim persaingan yang baru.

Jadi kelima poin menurut Mckinsey dia atas dapat membantu sorang pemimpin untuk mempersiapkan New Normal nanti agar seorang pemimpin dapat terus menjaga keseimbangan perushaan atau wilayah yang dipimpinnya ketika New Normal ini mulai berjalan. Selain itu juga seorang pemimpin harus dapat cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan langkah apa yang akan diambil di tengah pandemi Covid-19 ini. (DAVID)